• Madura Pewaris Kebudayaan Bangsa

    oleh: Mohammad NurilMubin, Tim KerajinanTangan KKN 13 UTM

    Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar merupakan kebudayaan suatu bangsa yang harus dijaga. Begitupun Madura yang memiliki kebudayaan langka yang harus dijaga salah satunya adalah kerapan sapi.
    Kerapan sapi bukan sekedar sebuah pesta rakyat yang perayaannya digelar setiap tahun. Namun, juga merupakan sebuah prestise kebanggan bangsa yang harus dilestarikan, khususnya Madura sendiri. Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kebudayaan Madura yang unik dan langka, maka tim kerajinan tangan KKN 13 dan rekan-rekan KKN 13 menciptakan penemuan baru berupa souvenir dari serabut kelapa yang berbentuk sapi saat akan dikerap oleh pemiliknya.
    Selain untuk melestarikan kebudayaan Madura, pembuatan souvenir tersebut juga bertujuan untuk mengasah skill anggota kelompok KKN 13 UTM sendiri dan masyarakat Kaduara Timur untuk berkreasi. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat souvenir tersebut adalah sebagai berikut: serabut kelapa secukupnya, serbuk kayu, benamg woll, dan lem kayu. Serabut kelapa digunakan sebagai pembentuk pola dari souvenir yang diinginkan, benang woll sebagai pembantu pembentukan pola, dan serabut kayu sebagai penghalus serabut kelapa yang sudah dibentuk.

    Pola souvenir yang akan dibuat, dibentuk sesuai keinginan pembuat souvenir. Pola yang berbentuk kerapan sapi hanya sebagai bentuk kepedulian kelompok KKN 13 terhadap kebudayaan Madura dan sebagai tahap awal dalam pembuatan souvenir yang diperkenalkan pada masyarakat Kaduara Timur.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar