• pesona sumber air belerang desa kaduara timur peragaan sumenep






    oleh : Muhammad Fachrully. R dan Novi Sandhya Yuddha . P
    Daerah Sumenep merupakan kota yang sangat indah dan istimewa di Madura. Tak kalah bagusnya dengan objek wisata di Ibu Kota. Sumenep juga memiliki berbagai tempat wisata yang amat menarik untuk dikunjungi oleh semua orang. Baik warga local maupun asing. Kota yang dijuluki dengan kota wisata di Madura ini menyimpan banyak eksotika alam yang patut untuk diacungi jempol. Salah satunya adalah Wisata Pemandian Air Belerang yang terletak di desa Kaduara Timur Kecamatan Pragaan Sumenep. Pemandian air belerang ini merupakan hasil alam yang murni dengan kedalaman 1 meter dengan jarak tempuh sekitar 7 km dari kecamatan.
    Pada tahun 1963 silam terdengar ledakan yang terjadi beriringan dengan rintik hujan di siang hari, ledakan tersebut mengeluarkan bunyi yang luar biasa dahsyatnya. “Tutur Sutardji” warga asli desa Kaduara Timur juga mantan Kepala Desa itu. Ledakan seperti BOM yang sangat keras sekali itu membuat warga Kaduara Timur berbondong-bondong mengunjungi tempat bunyi itu terdengar, seketika itu juga permukaan tanah membentuk sebuah cekungan, semburan air langsung menyembur ke permukaan dengan bau yang menyengat  sehingga warga langsung memberi sebutan dengan Sumber Becheng “lanjut Sutardji”. Setelah kejadian tersebut, banyak pengunjung berdatangan ke tempat tersebut, seiring berjalannya waktu muncul sebuah  mitos yang tidak diketahui siapa pencetusnya, dengan anggapan setelah selesai mandi di air belerang baju yang dikenakan harus dilempar atau dibuang dengan alasan penyakit gatal-gatal yang ada di tubuh mereka akan hilang. Padahal perlu digaris bawahi manfaat dari air belerang itu sendiri adalah untuk kesehatan kulit serta mampu menghilangkan beberapa penyakit kulit seperti jerawat dan gatal-gatal.  
    Wisata Pemandian Air Belerang ini terletak sangat strategis tepatnya di pinggir jalan dan semua orang sudah pasti mengetahui letak sumber air belerang karena dari baunya yang menyengat. Apalagi ketika sudah dipasang palakat oleh Kelompok KKN 13 UTM tahun 2016 menarik perhatian pengunjung dan semakin banyak pengunjung yang berdatangan. Tepatnya hari Jum`at 22 Juli 2016 kelompok tersebut bersama-sama dengan warga membersihkan dan membenahi kondisi sekitar di Sumber Air Belerang.
     


  • 0 komentar:

    Posting Komentar