• Tanaman Hidroponik sebagai Pembangkit Semangat Menanam Sayuran Anggota Kelompok Tani Kaduara Timur

    oleh :Anisah, YundhaAvivah A., M. NurRohman, danYulianto, Tim Pertanian KKN 13 UTM


    Hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada tanaman hidroponik lebih sedikit pada budidaya dengan tanah, sehingga praktek penanaman tersebut kerap diminati oleh ibu-ibu rumahtangga ataupun kepala keluarga yang mempunyai lahan sempit dan kekurangan sistem irigasi yang tidak memadai.
    Pada hari Rabu18 juli 2016 jam 18.00 kelompok KKN 13 mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan penanaman hidroponik kepada kelompok tani Desa Kaduara Timur Dusun Gunung dengan jumlah anggota kelompok tani sebanyak kurang lebih 20 orang. Bertempat di kediaman Bapak Wasis KADUS Dusun Gunung. Penanaman hidroponik tersebut memanfaatkan 2 benih sayur sebagai tanaman yang akan dipraktekkan terhadap kelompok tani Desa Kaduara Timur Dusun Gunung yaitu benih sawi dan kangkung.
    Antusias kelompok tani dalam mengikuti rentetan pelatihan penanaman hidroponik yang dilakukan oleh kelompok KKN 13 khususnya tim pertanian merupakan langkah awal keberhasilan tim pertanian dalam mendampingi kelompok tani menanam sayuran hidroponik. Pelatihan penanaman hidroponik dilakukan dengan cara memperkenalkan terlebih dahulu terkait penanamn hidroponik, tujuan dan manfaat bagi masyarakat Kaduara Timur.
          Langkah-langkah penanaman sayur hidroponik diawali dengan menyiapkan seluruh alat-alat dan perlengkapan penanaman sayur hidroponik sseperti :rokhul, benih sayuran, nutrisi tanaman, wadah air mineral,dan kain flannel sebagai penghantar air pada tanaman. Selanjutnya, basahi rokhul (media tanam hidroponik) yang sudah dipotong kecil-kecil berbentuk persegi kedalam baskom yang berisi air. Rokhul yang sudah dibasahi siap untuk ditanami dengan cara melubangi rokhul sebanyak 2, 3, atau 4 lubang sebagai tempat benih yang akan dia tanam. Jumlah benih sayuran yang ditanam sesuai dengan besar kecilnya rokhul yang dipotong, semakin besar rokhul yang dipotong maka memberi peluang semakin banyaknya benih tanaman yang harus ditanam. Setelah benih sudah tertanam dalam rokhul makaro khul diletakkan dalam wadah air mineral yang sudah dipotong sesuai keinginan.
    Kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut dilakukan setiap minggu pada hari rabu di kediaman KADUS Dusun Gunung Desa Kaduara Timur, sebagai keberlanjutan dari program kerja tim pertanian KKN 13 dalam mempraktekkan penanaman sayur hidroponik kepada kelompok tani Desa Kaduara Timur Dusun Gunung.


  • 0 komentar:

    Posting Komentar