• Tiga Hingga Lima Orang pun Tetap Berlangsung

    oleh : Meta dwi putri,  Nur Imama, Zakiyatus Sofriyah, Yanies Purwarini dan Novita Aminianti
    Semangat! Kata tersebut bisa menjadi perwakilan para guru dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik. Mengajar bukanlah perkara mudah. Kalau hanya bermodalkan kata mengajar saja, hal tersebut tidaklah cukup. Tugas seorang guru tidak hanya mengajar, namun juga mendidik. Apabila mengajar saja, maka guru tersebut hanya memberikan sebatas pengetahuan umum. Namun mendidik, seorang guru dituntut untuk membentuk karakter siswa. Hal tersebut juga menjadi tugas penting seorang pendidik. Pengetahuan memang penting, akan tetapi karakter juga sangat diperlukan untuk membentuk pribadi yang cerdas.
    SDN Kaduara Timur merupakan salah satu tempat yang dijadikan proses belajar mengajar oleh KKN 13 2016 Universitas Trunojoyo Madura. Sesuai dengan program kerja yang telah direncanakan, hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk partisipasi dari KKN 13 2016 Universitas Trunojoyo Madura dalam proses belajar mengajar. SDN tersebut terletak di dusun Panggulan, desa Kaduara timur, Pragaan-Sumenep. Kedatangan mahasiswa KKN 13 2016 Universitas Trunojoyo Madura disambut baik oleh para pendidik di sana. Kondisi di sana cukup bagus, namun sedikit membuat hati tersentuh. Bukan karena kualitas guru, tetapi kuantitas murid yang sedikit hanya dengan 26 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Jumlah siswa yang hanya terdapat 3 sampai  siswa saja dalam satu kelas tidak memundurkan keyakinan dan semangat mahasiswa KKN 13 UTM 2016.
    Mahasiswa KKN 13 UTM 2016 mengajar di SDN Kaduara Timur dua kali dalam satu minggu, hari rabu dan kamis dari pagi sampai siang. Luar biasa itu yang dirasakan oleh KKN 13, satu hal yang menjadi renungan ialah seorang guru bukanlah menvari kuantitas namun menciptakan kualitas yang luar biasa walau hanya dengan kuantitas yang apa adanya.*(YP&MDP)

  • 0 komentar:

    Posting Komentar