• Daun Siwalan, Berkah Bagi Warga Kaduara Timur

    Apa yang terlintas di benak anda mengenai pohon siwalan? pohon yang juga disebut sebagai pohon lontar ini memiliki buah yang segar. Buah siwalan dapat dijadikan sebagai campuran makanan dan juga dapat diolah sebagai minuman yang segar.




    Selain dapat dimanfaatkan buahnya, pohon siwalan juga memiliki daun berbentuk seperti kipas yang dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Hal inilah yang mendorong warga desa Kaduara Timur, Sumenep, untuk membuat tikar berbahan daun siwalan. Desa Kaduara Timur merupakan desa yang kaya dengan pohon siwalan. Hampir di tepi jalan, pohon siwalan berdiri tegak seolah menyambut siapa saja yang datang ke desa Kaduara Timur. Daun siwalan yang memiliki tekstur sedikit kaku disulap oleh warga desa Kaduara timur menjadi anyaman tikar. Anyaman tikar tersebut nantinya dapat digunakan sebagai alas tidur. Amin (50 tahun) mengatakan bahwa tikar daun siwalan ini dapat dijadikan sebagai pembungkus tembakau. 
    Sebagian warga desa Kaduara Timur, terutama dusun Gunung dan Panggulan, memiliki usaha kecil pembuatan tikar ini. Amin (50 tahun) mengatakan bahwa setiap hari mereka dapat menghasilkan 5-10 buah tikar. Tikar tersebut nantinya akan diambil oleh pengepul yang kemudian dijual di kota Sumenep dan Pamekasan. Harga tiap tikar bekisar antara 10 - 20 ribu, dengan keuntungan 8-10 ribu per unitnya. Keuntungan yang cukup menjanjikan ini dapa mereka gunakan untuk mencukupi kehidupan mereka sehari-hari. 











  • 0 komentar:

    Posting Komentar