• Ikan Teri Kualitas Ekspor Ala Desa Kaduara Timur

    Siapa yang tidak tahu ikan teri? hampir semua orang Indonesia mengetahuinya. Ikan teri atau ikan bilis merupakan ikan kecil yang termasuk dalam kelas engraulidae. Ikan ini biasanya diolah menjadi bahan makanan pendamping nasi yang enak dan gurih. Teri juga merupakan komoditi besar laut Indonesia, sehingga takk heran jika Indonesia mampu mengekspor ikan mungil ini ke luar negri. 

    Setali tiga uang dengan laut Indonesia yg lain, laut di desa kaduara Timur juga memilikiikan teri yang berjumlah milyaran. hal ini dimanfaatkan oleh C.V. Mahera, salah satu perusahaan mikro di dusun Pesisir Barat, untuk mengelolanya sebagai ikan teri kering kualitas ekspor. Perusahaan ini mengekspor produk ikan teri keringnya ke Jepang. Perusahaan ini menaungi puluhan pegawai yang sebagian besar dari desa Kaduara Timur. 

    Dalam perusahaan ini, ikan teri di proses dengan steril dan menggunakan mesin sehingga menghasilkan ikan teri berkualitas tinggi. rangkaian proses tersebut meliputi pembersihan ikan teri, perebusan, penyortiran dan diakhiri dengan proses penjemuran. Penyimpanan dilakukan dalam suhu 10 derajat untuk menjaga keawetan ikan teri tersebut sebelum akhirnya di ekspor ke Jepang. Hal ini membuktikkan bahwa desa Kaduara Timur juga dapat memproduksi hasil laut kualitas ekspor sehingga menjadi penunjang perekonomian warga desa. 





  • 0 komentar:

    Posting Komentar