• Pelatihan Pemanfaatan Hasil Pertanian Untuk Ibu-Ibu PKK & KWT




    Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep mendapatkan pelatihan dari  Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Pelatihan ini membatu para masyarakat desa kaduara timur untuk memaksimalkan hasil pertanian di desa ini. pelathian ini akan memanfaatkan hasil pertanian yang banyak di temukan  di desa kaduara timur.
    pelatihan ini akan memanfaatkan buah siwalan dan jantung pisang sebagai bahan dasar dari olahan yang akan di buat untuk camilan, krupuk dan nugget jantung pisang. peltihan yang di adakan pada minggu 06 agustus 2017 ini disambut warga dengan sangat semangat dan berantusias untuk datang di acara pelatihan.
    Dalam acara pelatihan tersebut dihadiri oleh kelompok PKK dan juga Kelompok Wanita Tani (KWT) serta masyarakat sekitar. “Pelatihan ini akan di titik beratkan ke dalam ranah pengolahan hasil pertanian sampai bagaimana caranya produk tersebut dikemas ” ujar (Husnul Atho' Mubarok) salah satu panitia acara pelatihan.
    Dengan banyaknya bahan baku yang melimpah di Desa Kaduara Timur seperti Buah Siwalan dan Jantung Pisang nantinya masyarakat akan di paparkan cara pengolahan serta pemasarannya. Pemaparan pelatihan ini di titik beratkan ke pengolahan buah siwalan serta jantung pisang yang banyak ditemukan di Desa Kaduara Timur. Karena potensi desa ini memang buah tersebut dan juga masyarakat lebih banyak bertani di komunitas tersebut.
    Pelatihan itu dibagi menjadi tiga sesi yaitu sesi pertama dengan pelatihan pembuatan Kerupuk Siwalan sedangkan sesi kedua membuat Nugget Jantung Pisang dan pada sesi ketiga pelatihan pembuatan Fruit Leather dengan Buah Siwalan, yang di instruksikan secara langsung oleh para mahasiswa perserta KKN Universitas Trunojoyo Madura. Peserta pun sangan berantusias dan gembira dalam acara tersebut acara tersebut menurut salah satu perserta ibu rohesa (Sekretaris PKK) “program pelatihan ini sangat bagus, nantinya akan membuat warga desa sini lebih ber inovasi dan mengerti pengolahan lebih baik”, ujarnya dalam sela-sela acara pelatihan. 
     Respon baik ini semoga bisa membuat industri rumahan di bidang pertanian lebih meningkat, sehingga cita-cita kesejahteran masyarakat pun tercapai dengan baik.  Harapan para mahasiswa yang memang untuk memberikan pelatihan sehingga bisa memberikan kesejahateran bagi masyarakat dan juga bisa mandiri dengan membuat industri rumahan yang bisa langsung di praktekkan dengan memanfaatkan hasil pertanian di Desa Kaduara Timur.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar