• Potensi Hasil Bumi Desa Kaduara Timur




    Desa Kaduara Timur Merupakan desa yang memeiliki iklim tropis sama seperti desa-desa di wilayah indonesia. Desa Kaduara Timur juga memiliki tanah yang subur sehingga mampu untuk menumbuhkan tanaman-tanaman dengan sangat sempurna. Dengan tanah yang subur desa ini memiliki banyak sekali jenis tumbuhan yang dapat di tanam.
    Dengan tanah yang subur ini Desa Kaduara Timur memiliki banyak sekali potensi-potensi yang dapat diangkat dari hasil bumi mereka untuk menjadi salah satu produk-produk unggulan yang memiliki daya saing dengan produk asing maupun lokal. Beberapa tumbuhan yang memiliki potensi untuk menghasilkan produk yang berkualitas adalah sebagai berikut :
    a.     Buah Siwalan
    Buah siswalan ini adalah salah satu buah yang banyak sekali ditemukan di Desa Kaduara Timur, Hampir diseluruh pinggir jalan di desa kaduara timur tumbuh buah siwalan. Dengan banyaknya buah siwalan yang dapat di temukan didesa ini, para masyarakat desa kaduara timur ini memanfaatkannya sebagai mata pencaharian merka.
    Salah satu mata pencaharian masyarakat desa kaduara timur adalah dengan memanfaatkan daun buah siwalan untuk membuat tikar sebagai tempat untuk memanen daun tembakau. Selain membuat tikar masyarakat juga memanfaatkan buah siwalannya untuk dijual.

    b.     Buah Pisang
    Buah Pisang ini adalah potesi dari desa kaduara timur yang kedua. Buah pisang ini banyak sekali ditanam di lahan-lahan pribadi para masyarakat desa kaduara timur, buah pisang ini sudah menjadi salah satu mata pencaharian mereka selain dengan mengambil buah siwalan.
    Buah Pisang ini biasanya akan dijual oleh masyarakat desa kaduara timur, Penjualan Buah Pisang biasanya dilakukan masyarakat dengan tanpa di olah atau diolah terlebih dahulu. Bagi masyarakat desa kaduara timur yang menjual pisang-pisang mereka dengan cara di olah terlebih dahulu, buah pisang ini akan di buat sebagai keripik pisang. Seperti yang dilakukan oleh salah satu masyarakat desa kaduara timur yaitu ibu Muzainiyah yang mengolah pisangnya menjadi produk rumahan dengan merek “Cap Dua Merpati”, produk ibu muzainiyah ini sudah dijual sampai keluar kota sumenep yaitu kota Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

    c.     Buah Kelapa
    Potensi yang ketiga di desa kaduara timur ini adalah buah kelapa. Pohon-pohon buah kelapa di desa kaduara timur ini sangat banyak ditemukan di pekarangan-pekarangan milik masyarakat yang memang sengaja di tanam untuk membantu menambah penghasilan mereka.
    Sebagian hasil dari pohon kelapa ini biasanya akan dijual oleh masyarakat desa kaduara timur sebagai buah kelapa parut yang dijual di pasar-pasar, selain itu juga buah kelapa ini dijual dalam bentuk minuman ES KELAPA. Masyarakat desa kaduara timur ini basanya menjual es kelapa dengan mendirikan kios-kios kecil di pinggir jalan jalur pamekasan sumenep.

    d.     Tembakau

    Potensi yang ke empat desa kaduara timur ini adalah tanaman tembakau yang memang mayoritas masyarakat desa ini melakukan penanaman di pekarangan mereka. Dari hasil panen tanaman tembakau ini masyarakat rata-rata menjualnya langsung ke pengepul tanpa di olah terlebih dahulu. Tetapi ada juga sebagian masyarakat desa kaduara timur yang melakukan pengolahan daun tembakau terlebih dahulu.
    Dari ke empat tanaman yang sering ditemukan di desa kaduara timur ini rata-rata penjualannya hanya dibuat dalam bentuk makanan maupun produk yang sederhana bahkan dari masyarakat masih ada yang melakukan penjualan tanpa di lakukan pengolahan sama sekali (Mentah). Dari potensi-potensi hasil bumi desa kaduara timur ini sebenarnya masih banyak yang dapat dikembangkan seperti buah siwalan yang dapat menjadi bahan dasar dari produk olahan rumahan seperti “Fruit Leather dan Kerupuk Siwalan”, Dengan melakukan pengolahan hasil panen para masyarakat desa kaduara timur ini akan meningkatkan penghasilan masyarakat desa dan juga di harapkan akan meningkatkan kondisi perekonomian di desa kaduara timur.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar